PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL STAD BERTUGASKAN MENGGANTI LIRIK LAGU
Main Author: | Mujiyem Sapti, Lia Rahmawati, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1035 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1035/985 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) bertugaskan mengganti lirik lagu dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VII C SMP N 15 tahun 2012/2013 sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, angket, dan tes. Instrumen berupa lembar observasi kreativitas belajar, observasi penilaian mengganti lirik lagu, angket kreativitas belajar, dan tes prestasi belajar. Hasil analisis data dihitung dengan rerata dan persentase. Penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD bertugaskan mengganti lirik lagu dapat meningkatkan krativitas dan prestasi belajar siswa. Hasil observasi kraetivitas belajar diperoleh persentase 47,5% pada pra siklus, 65% pada siklus I, dan 72,5% pada akhir siklus II. Hasil angket kraetivitas belajar diperoleh persentase 54,52% pada pra siklus, 65,39% pada siklus I, dan 72,42% pada akhir siklus II. Hasil observasi penilaian mengganti lirik lagu diperoleh persentase 64,06% pada siklus I, dan 72,66% pada akhir siklus II. Pada pra siklus persentase ketuntasan sebesar 34,37% menjadi 65,62% pada siklus I dan meningkat menjadi 78,12% pada siklus II, sehingga memenuhi indikator yaitu prestasi belajar matematika dengan persentase minimal 75 siswa mampu mencapai nilai ketuntasan di atas KKM, dengan kriteria yang ditetapkan 70. Kata kunci: Kreativitas belajar, prestasi belajar, STAD, dan mengganti lirik lagu.