MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN ALAT PERAGA
Main Author: | Wharyanti Ika P., Wahyu Ratriningsih, Mujiyem Sapti, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1033 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1033/983 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan alat peraga di kelas VIII A SMP Negeri I Prembun pada materi pokok bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri I Prembun tahun pelajaran 2012/2013. Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan proses pembelajaran melalui model Snowball Throwing dengan alat peraga persentase keaktifan belajar siswa meningkat pada siklus I mencapai 65% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,74%. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai > 70 sebanyak 18 siswa atau sekitar 56,25% dengan rata-rata nilai kelasnya 67,75, sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai > 70 sebanyak 27 siswa atau sekitar 84,37% dengan rata-rata nilai kelasnya 79,62. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: Snowball Throwing, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar