EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Main Author: Erni Puji Astuti., Ratna Sartika Wuri, Abu Syafik,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1031
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1031/982
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode CRH lebih baik daripada metode ekspositori pada materi luas bangun ruang pada siswa kelas XI RPL SMK Muhammadiyah I Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan uji Lilliefors, dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Barlett dengan statistik uji Chi Kuadrat dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dari uji prasyarat analisis diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan variansinya homogen. Dari analisis tahap awal diperoleh bahwa kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama. Dari uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan α = 0.05 menunjukkan bahwa thitung = 3,104 > 1,960 = ttabel sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas XI RPL yang menggunakan metode CRH pada materi luas bangun ruang lebih baik daripada yang menggunakan metode ekspositori. Kata kunci: CRH, prestasi belajar matematika