Eksperimentasi Model Scramble dan Snowball Throwing Materi Kubus dan Balok Terhadap Prestasi Belajar Matematika
Main Author: | Erni Puji Astuti, Faizah Isnaeni, Abu Syafik, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1021 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/1021/973 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble lebih baik daripada tipe snowball throwing pada materi Kubus dan Balok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 65 siswa yang terbagi dalam 31 siswa kelas eksperimen I dan 34 siswa kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi bentuk pilihan ganda. Hasil uji coba menunukkan tes tersebut telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan pihak kanan (uji-t). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett dengan taraf signifikansi 0,05. Data setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas eksperimen I 73,2 dan kelas eksperimen II 68,59. Hasil Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh 1,741, sedangkan sehingga thitung > . Oleh karena itu, sehingga ditolak. Dapat disimpukan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran scramble lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran snowball throwing pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: scramble, snowball throwing, prestasi belajar.