ANALISIS PENGARUH SERVQUAL TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA PUSKESMAS PERANGAT
Main Author: | Heriyanto, Emil Sari Noviana LCA Robin Jonathan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
EKONOMIA
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/view/4861 http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/view/4861/pdf |
Daftar Isi:
- EMIL SARI NOVIANA, Analisis Pengaruh Servqual terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Puskesmas Perangat .Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Service Quality yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy terhadap kepuasan pasien rawat inap pasien di Puskesmas Perangat.Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. a) Hasil analisis menyebutkan menunjukan bahwa variabel Tangible (X1) tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien dan maka hipotesis ditolak. b) variabel Reliability (X2), berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien dan hubungan variabel Reliability (X2) terhadap Kepuasan Pasien (Y) adalah sebesar 0.135 maka hipotesis diterima. c) variabel Responsiviness (X3) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien dan dapat diketahui hubungan variabel Responsiviness (X3) terhadap Kepuasan Pasien (Y) adalah sebesar 0.490 maka hipotesis diterima. d) variable Assurance (X4) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien dan dapat diketahui hubungan variabel Assurance (X4) terhadap Kepuasan Pasien (Y) adalah sebesar 0.389 maka hipotesis diterima e) variabel Empathy (X5) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien dan dapat diketahui hubungan variabel Empathy (X5) terhadap Kepuasan Pasien (Y) adalah sebesar 0,056 maka hipotesis diterima.