PENGARUH IN STORE STIMULI TERHADAP MINAT BELANJA KONSUMEN PADA SUPERMARKET PANDAN SARI DI SAMARINDA
Main Author: | -, Nova Sapitri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
EKONOMIA
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/view/2806 http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/view/2806/pdf http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/downloadSuppFile/2806/512 |
Daftar Isi:
- In store stimuli didefinisikan suasana dan persepsi lingkungan (atmospheric perception) baik di luar toko, maupun di dalam toko dapat memberikan pengalaman belanja yang sulit dilupakan konsumen, dan bahkan suasana toko bisa memengaruhi mood, perilaku konsumen untuk melakukan belanja impulsif dan menyebabkan konsumen lebih betah tinggal lebih lama di toko. In store stimuli, merupakan rangsangan yang diciptakan oleh sebuah toko agar memunculkan stimulus tinggi dan lingkungan toko yang nyaman dapat menggiring konsumen meningkatkan minat Belanja konsumen.Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh variabel In Store Stimuli yang terdiri dari display produk, suasana lingkungan toko dan tata letak terhadap minat belanja pada Supermarket Pandan Sari Di Samarinda? dan di antara variabel In Store Stimuli In Store Stimuli display produk, suasana lingkungan toko dan tata letak variabel mana yang memiliki pengaruh dominan terhadap terhadap minat belanja pada Supermarket Pandan Sari Di Samarinda, sedangkan tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variabel In Store Stimuli yang terdiri dari display produk, suasana lingkungan toko dan tata letak terhadap minat belanja pada Supermarket Pandan Sari Di Samarinda. .Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Pemasaran dengan menggunakan alat analisis regresi liner berganda dengan 40 sampel.Hasil penelitian menunjukkan :Fungsi regresi hasil perhitungan adalah Y = 1,206 + 0,295 X1 + 0,17 X2 + 0,209X3. Semua koefisien regresi bertanda positif menunjukkan jika Supermarket Pandan Sari di Samarinda meningkatkan display produk, suasana lingkungan pertokoan dan tata letak barang dagangan yang dijual maka akan meningkatkan minat berbelanja konsumen pada Supermarket Pandan Sari di Samarinda.Nilai F hasil perhitungan > F tabel dan dengan signifikansi 0,000 < α 0,05 yang berarti pula secara bersama-sama variabel Display Produk (X1) Suasana lingkungan pertokoan (X2) dan Tata Letak (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat berbelanja konsumen pada Supermarket Pandan Sari di Samarinda (Y) dengan demikian hipotesis penelitian diterima.Hasil perhitungan standardized cooficient beta ternyata suasana lingkungan toko berpengaruh dominan terhadap Minat berbelanja konsumen pada Supermarket Pandan Sari di Samarinda dengan demikian hipotesis penelitian diterima.