PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS PEMBANTU DESA MENAMANG KANAN KECAMATAN MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Main Author: Eka Yudhyani, Nur Maulida. H, TheresiaMilitina,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: EKONOMIA , 2016
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/view/1953
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/view/1953/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh simultan variabel kualitas layanan yang meliputi tangibles, reliability, assurances, responsiveness, dan emphaty terhadap kepuasan pasien Rawat Jalan di Puskesmas Pembantu Desa Menamang Kanan Jenis penelitian yang akan digunakan dalam rangka penulisan skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data utama dari kuisioner. Sampel yang dipergunakan sebanyak 89 responden. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah Random sampling. Alat analisis yang dipergunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t.Hasil dari persamaan regresi yang dihasilkan menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan atau searah antara variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty tangible terhadap kepuasan konsumen pada Puskemas pembantu Desa Menamang Kanan. Maksudnya, apabila variabel independen (bebas) ada penambahan maka variabel dependen (terikat) juga mengalami penambahan dan sebaliknyaPerhitungan uji F (simultan) didapatkan bahwa kelima variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty tangible berpengaruh simultan terhadap kepuasan konsumen pada Puskemas pembantu Desa Menamang Kanan.Dari kedua hasil uji t hitung terlihat nilai t hitung variabel responsiveness yang paling besar dibandingan variabel lainnya, sehingga variabel responsiveness merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Puskemas pembantu Desa Menamang Kanan