Quo Vadis Supervisi Pendidikan

Main Author: Saifulloh, Ahmad; Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor , 2013
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/503
https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/503/444
Daftar Isi:
  • Supervisi sebagai salah satu pilar penting dalam sistem pendidikanmengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Sehinggamuncullah beberapa model dengan karakternya masing-masing. Hal iniharus diperhatikan oleh supervisor, selain tentunya mereka harusmemahami konsep supervisi itu sendiri. Sebagai bagian dari sistempendidikan, supervisi juga mengikuti perubahan kondisi sosial masyarakat.Keterkaitan supervisi dengan lingkungan sosial masyarakat, bahkan jugadengan kondisi politik yang sedang berkembang, memunculkan model dancorak supervisi dengan karakteristiknya masing-masing. Denganmencermati perkembangan karakteristik supervisi pendidikan dan melihatkondisi kekinian dan kedisinian, supervisi yang diperkenalkan Glickmandkk. kelihatannya akan terus menjadi trend di Indonesia. Hal ini seiringdengan perkembangan teknologi informasi yang meniscayakan kemandiri-an para guru dan murid dalam proses pembelajaran.