Aktualisasi Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam Pembinaan Remaja
Main Author: | Mukhlas, Moh.; Fakultas Universitas Darussalam Gontor |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/491 https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/491/432 |
Daftar Isi:
- Al-Ghazali adalah salah seorang pemikir ulung yang tidakhanya menyoroti hal-hal yang berkaitan dengan filsafat dantasawuf, akan tetapi beliau juga mengupas eksistensi akhlakdalam kehidupan manusia. Pelaksanaan pendidikan akhlak,terutama di kalangan remaja akhir-akhir ini masih dianggapkurang memadai dan kurang berpedoman pada ketentuanketentuanyang berlaku, seperti norma-norma hukum yangberlaku di suatu tempat. Hal ini dapat dibuktikan denganbanyaknya dekadensi moral dalam berbagai bentuk, sepertipenyalahguunaan obat-obat terlarang, pergaulan bebas yangdilakukan oleh remaja, dan lain-lain. Untuk itu, tulisan iniberusaha mengungkap secara konseptual aktualisasi pendidikanakhlak al-Ghazali pada remaja dengan menggunakan pendekatandeskriptif afialistis. Dari hasil analisis diketahui bahwa aktualisasikonsep pendidikan akhlak al-Ghazali pada remaja yang memilikiberbagai macam perkembangan adalah dengan caramenanamkan keimanan dan akhlak yang baik dengan metodeyang sesuai dengan perkembangan individunya.