Peningkatan Prestasi Belajar Pembelajaran IPS Materi Perusahaan Dan Badan Usaha Melalui Metode Team Quiz Di Kelas
Main Author: | Indaryati, Indaryati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
EKONOMI
, 2014
|
Online Access: |
http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/201 http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/201/210 |
Daftar Isi:
- Skripsi ini di latarbelakangi oleh: proses pembelajaran IPS membutuhkan partisipasi aktif peserta didik, karena dalam pembelajaran harus tercipta interaksi edukatif dimana guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing dan guru, Selama ini partisipasi aktif siswa belum ditemukan dalam pembelajaran IPS di kelas VII A SMP Kesatrian 1 Semarang, hal ini dikarenakan guru lebih suka ceramah dan tanya jawab dibanding menggunakan metode yang lebih mengaktifkan siswa. Guru diharapkan mampu mengelola motivasi dengan menerapkan aktivitas anak didik, yaitu belajar sambil melakukan (learning by doing), salah satunya dengan menerapkan metode team quiz (kuis kelompok). Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah yang diangkat adalah 1) Bagaimanakah penerapan metode team quiz pada pembelajaran IPS materi perusahaan dan badan usaha di kelas VII A SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013? 2) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pembelajaran IPS materi perusahaan dan badan usaha di kelas VII A SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013 setelah menggunakan metode team quiz? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus atau lebih dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode team quiz pada pembelajaran IPS materi perusahaan dan badan usaha di kelas VII A SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013 dilakukan dengan guru membagi siswa dalam beberapa kelompokuntuk melakukan team quiz, setiap kelompok membuat pertanyaan untuk dilemparkan kepada kelompok lain, jika kelompok yang diberi pertanyaan tidak bisa menjawab maka dilempar kepada kelompok lainnya, dan proses ini berjalan secara bergantian sampai semua kelompok mendapat giliran yang sama. 2) Terjadi peningkatan prestasi belajar pembelajaran IPS materi perusahaan dan badan usaha di kelas VII A SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013 setelah menggunakan metode team quiz, hal ini dapat dilihat pada pra siklus ada 17 siswa atau 47%, pada siklus I ada 25 siswa atau 69% dan pada siklus II tingkat ketuntasannya ada 32 siswa atau 89%, keaktifan belajar siswa juga mengalami kenaikan persiklusnya dimana pada pra siklus ada 14 siswa atau 39% siklus I ada 19 siswa atau 52%, dan pada siklus II ada 34 siswa atau 94%. Demikian juga dengan kineja guru dalam mengajar juga meningkat persiklus yaitu pra siklus pada kategori sedang, siklus I kategori cukup dan siklus II kategori baik. Kata Kunci : Prestasi belajar, metode team quiz, IPS