Penerapan Metode Edutainment Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Palu
Main Authors: | Tunde, Grace Anasstasia, Fihrin, Fihrin, Kade, Amiruddin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tadulako
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/8240 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/8240/9929 |
Daftar Isi:
- Abstrak - Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode Edutainment berbasis Animasi pada siswa SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design yang diterapkan pada satu kelas eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 225 orang dan jumlah sampel sebanyak 26 orang. Desain penelitiannya berupa “One group pretest-posttest design”. Sampel dipilih secara purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran fisika. Kelas yang dipilih adalah kelas yang sifatnya homogen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Nilai rerata tes awal yang dioeroleh 11,19 dan tes akhir 16,84 dengan skor maksimum 23. Dari uji hipotesis postest yang menggunakan uji-t (uji dua sampel berhubungan) diperoleh thitung sebesar 4,38 pada taraf signifikasi α = 0,05 dan ttabel = 1,71. Berdasarkan uji N-gain diperoleh peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 42,37%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 9 Palu. Kata Kunci : Metode Edutainment, Animasi, Hasil Belajar Fisika