Pengaruh Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Sederhana Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Tentang Hukum III Newton pada Kelas X SMA Negeri 1 Sindue

Main Authors: Karlina, Lilis, Mansyur, Jusman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2016
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/6061
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/6061/4810
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode demonstrasi menggunakan alat sederhana terhadap penguasaan konsep siswa tentang Hukum III Newton di SMA Negeri 1 Sindue. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain “The non equivalen pretest-posttest design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas X Mia 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mia 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes penguasaan konsep dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t satu pihak untuk menguji peningkatan hasil tes penguasaan konsep siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi menggunakan alat sederhana terhadap penguasaan konsep siswa. Kata kunci : Metode Demonstrasi, Penguasaan Konsep