PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERHADAP PERUBAHAN KONSEP TENTANG HUKUM NEWTON PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PALU

Main Authors: Yusuf, Fitriani, Mansyur, Jusman, Fihrin, Fihrin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2015
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/5115
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/5115/4167
Daftar Isi:
  • Abstrak – Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran 5E terhadap perubahan konsep tentang hukum Newton pada siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palu. Desain penelitian adalah “The Non Equivalen Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa (n=84) kelas X pada SMA Negeri 6 Palu. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XD (n=14 sebagai kelas eksperimen) dan Kelas XC (n=16 sebagai kelas control). Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik nonparametrik dengan uji U Mann-Whitney pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran 5E terhadap perubahan konsep Hukum Newton siswa SMA Negeri 6 Palu. Kata Kunci: model pembelajaran 5E, perubahan konsep.