PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERHADAP PERUBAHAN KONSEP TENTANG HUKUM NEWTON PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PALU
Main Authors: | Yusuf, Fitriani, Mansyur, Jusman, Fihrin, Fihrin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tadulako
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/5115 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/5115/4167 |
Daftar Isi:
- Abstrak – Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran 5E terhadap perubahan konsep tentang hukum Newton pada siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palu. Desain penelitian adalah “The Non Equivalen Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa (n=84) kelas X pada SMA Negeri 6 Palu. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XD (n=14 sebagai kelas eksperimen) dan Kelas XC (n=16 sebagai kelas control). Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik nonparametrik dengan uji U Mann-Whitney pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran 5E terhadap perubahan konsep Hukum Newton siswa SMA Negeri 6 Palu. Kata Kunci: model pembelajaran 5E, perubahan konsep.