PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK NEGERI 3 PALU

Main Authors: Sulasmini, Sulasmini, Darmadi, I Wayan, Haeruddin, Haeruddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2015
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2760
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2760/3239
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem-based learning dengan metode snowball throwing terhadap hasil belajar fisika siswa SMK Negeri 3 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X TGB A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB B sebagai kelas kontrol. Instrumen tes hasil belajar berupa tes essay yang telah divalidasi oleh validator. Hasil peningkatan rata-rata N-gain yang mengikuti model problem-based learning dengan metode snowball throwing adalah 48,28% yang berkategori sedang dan peningkatan rata-rata yang mengikuti model pembelajaran konvensional adalah 32,47% yang berkategori sedang. Hasil perhitungan statistik dari uji perbedaan rata - rata menggunakan uji-t didapatkan harga thitung > ttabel dengan nilai thitung 3,54 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 56 adalah 1,67. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata – rata peningkatan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran problem-based learning dengan metode snowball throwing lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Snowbal Throwing, Hasil belajar