Pengaruh Model Kooperatif tipe Talking Stick disertai Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Palu

Main Authors: Sari, Dewi Purnama, Kendek, Yusuf, Syamsu, Syamsu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2020
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/16764
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/16764/12038
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen (n=29) dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol (n=30). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, dimana kedua kelas menggunakan metode eksperimen. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas diberikan tes akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, dari analisa data diperoleh bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 14,81 dan skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 9,03. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh dan pada taraf nyata . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe taling stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu.