Analisis Kesulitan Belajar Fisika Siswa SMA Menggunakan Two-tier Multiple Choice Diagnostic Instrument

Main Authors: Srimayanti, Srimayanti, Hatibe, Amiruddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2020
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/16455
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/16455/11891
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar fisika siswa SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Palu kelas XI MIPA 1 tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 20 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah two-tier multiple choice diagnostic instrument yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda beralasan terbuka dan wawancara. Data hasil tes kemudian dianalisis untuk menentukan persentase yang paham konsep dan kesulitan belajar pada setiap soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase yang paham konsep lebih rendah yakni 48% dan persentase kesulitan belajar lebih tinggi yakni 52%. Faktor penyebab kesulitan siswa antara lain kurangnya latihan dalam mengerjakan soal yang berhubungan dengan materi fluida dinamis, kurangnya percaya diri siswa untuk bertanya kepada guru sehingga mereka sering bertanya kepada temannya saja, siswa malas untuk membaca buku teks, siswa sering menyontek tanpa mengoreksi kembali jawabannya dan semakin sulit materi maka siswa semakin sulit untuk memahami.