Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika

Main Authors: Arafah, Kaharuddin, Rusyadi, H., Riang, Rosdiana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2020
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/15826
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/15826/11624
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan direct instruction (DI). Selain itu, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL dengan DI, baik untuk siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi maupun rendah. Terakhir untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa SMPN 14 Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut, telah dilakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan treatment by level design, faktorial 2 x 2. Penelitian ini menggunakan empat kelas sebagai subjek sampel, dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Ukuran populasi sebanyak 284 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahawa secara keseluruhan, terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL dengan DI. Untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL dengan DI. Demikian juga untuk siswa dengan kemampuan awal rendah, terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL dengan DI. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa SMP Negeri 14 Makassar.