Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga
Main Authors: | Saputra, I Gede Purwana Edi, Sukariasih, Luh |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tadulako
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317/10910 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas XI-IPA3 di SMAN 1 Watubangga dengan mengimplementasikan model Creative Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus pembelajaran. Subyek yang diteliti merupakan seluruh peserta didik kelas XI-IPA3 di SMAN 1 Watubangga pada tahun ajaran 2018/2019, terdiri dari 38 orang peserta didik. Penelitian ini mendeskripsikan adanya peningkatan rerata hasil tes kemampuan berpikir kritis fisika pada peserta didik di dalam dua siklus pembelajaran yang telah dilakukan, ketuntasan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik secara individu dan klasikal mengalami peningkatan yakni 63% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II, dan aktivitas belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan.