Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Main Authors: Yuliyanti, Yuliyanti, Hatibe, Amiruddin, Darmadi, I Wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2019
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/13520
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/13520/10346
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen quasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X Mipa 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Mipa 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata- rata kelompok eksperimen 13,16 dengan standar deviasi 3,24 danskor rata-rata kelompok kontrol yaitu 9,33 dengan standar deviasi 3,08. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh dan pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa.