Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas XI SMA Khatolik Santo Andreas Palu

Main Authors: Lekka, Fienny Putri Lela, Ali, Muhammad, Syamsu, Syamsu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2019
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/12326
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/12326/9609
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan tipe Talking Stick pada siswa kelas XI SMA Khatolik Santo Andreas Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain “The equivalent pretest-posttest design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen ke-1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen ke-2. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor posttest hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen ke-1 adalah 25,30 dengan standar deviasi 3,89 dari 35 skor total. Untuk kelas eksperimen ke-2 diperoleh rerata skor posttest adalah 21,90 dengan standar deviasi 5,32 dari 35 skor total. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor hasil belajar siswa dengan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 2,46 dan ttabel= 2,02. Ini berarti nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada terdapat perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan tipe Talking Stick pada siswa kelas XI SMA Khatolik Santo Andreas Palu.