Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Animasi Flash terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Katolik Palu
Main Authors: | Sucipto, Oktovianus Sario, Syamsu, Syamsu, Darsikin, Darsikin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tadulako
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/12321 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/12321/9605 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media animasi flash terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Katolik Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Katolik Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitas kontruksi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen 12,62 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 10,74 dari skor ideal yaitu 21. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh dan pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan . Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media animasi flash terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Katolik Palu.