Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Fluida Statis di SMA Negeri 6 Palu
Main Authors: | Rahwan, Rahwan, Syamsu, Syamsu, Kendek, Yusuf |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tadulako
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/12319 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/12319/9603 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi fluida statis di SMAN 6 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelopok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 17,02 lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu 13,70. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh dan pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi fluida statis SMA Negeri 6 Palu