Konsepsi Siswa Tentang Kelembaman untuk Konteks Berbeda
Main Authors: | Uyun, Uyun, Mansyur, Jusman, Supriyatman, Supriyatman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10430 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10430/9297 |
Daftar Isi:
- Abstrak – Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa tentang kelembaman untuk konteks berbeda. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Palu. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI A yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes seleksi responden, tes essay, dan wawancara. Tes seleksi responden terdiri dari 20 butir soal yang diberikan kepada 30 siswa untuk menentukan 9 responden serta tes essay terdiri dari 5 butir soal yang diberikan kepada 9 responden yang terpilih. Berdasarkan penelitian, hasilnya menunjukkan konsepsi siswa pada materi kelembaman untuk konteks yang berbeda pada responden kategori tinggi masih tergolong rendah, untuk responden kategori sedang juga masih tergolong rendah, dan untuk untuk responden kategori rendah tergolong sedang. Kata Kunci: Konsepsi, Kelembaman