Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Video Pembelajaran Dan Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu

Main Authors: Jaelani, Subhan, Darsikin, Darsikin, Saehana, Sahrul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) , 2018
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10019
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10019/9931
Daftar Isi:
  • Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika kelas X MIPA SMA Negeri 5 Palu. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Palu. Kelas X MIPA 2 ini memiliki 33 siswa yang terdiri 8 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Penelitian Tindakan kelas ini mengikuti rancangan model John Elliot (Sunendar, Tatang : 2008) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus melalui 4 tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,73 % dan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 81,81 % . Pada siklus I, observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik dan pada siklus 2, observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan indikator maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbantuan video pembelajaran dan tutorial dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Kata Kunci: hasil belajar fisika, model pembelajaran inquiry. berbantuan Video Pembelajaran dan tutorial