Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Metode Analisis-Sintesis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palu
Main Authors: | Masyita, Siti, Ali, Muhammad, Kamaluddin, Kamaluddin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10013 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10013/9309 |
Daftar Isi:
- Abstrak -Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar IPA fisika melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan metode analisis-sintesis pada siswa kelas VIII SMPNegeri7 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklu sterdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 7 Palu dengan jumlah siswa 22 orang. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,7, presetase ketuntasan klasikal yaitu 68,18% dan presentase daya serap klasikal 72,72%. Hasil ini belum memenuhi indikator kinerja yang ditentukan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80,4 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 86,36% dan presentase daya serap klasikal yaitu 80,45% hal ini sudah memenuhi indikator yang telah ditentukan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan metode analisis-sintesis dapat meningkatkan hasil belajar IPA Fisika pada siswa kelas VIII SMPN 7 Palu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Metode Analisis-sintesis, Hasil Belajar IPAFisika.