Pengaruh Metode Belajar Matematika Asik (BELMASIK) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Komposisi dan Invers Fungsi
Main Authors: | Vioni, Ria Octa , Yohanie, Dian Devita , Widodo, Suryo , Handayani , Aprilia Dwi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Nusantara PGRI Kediri
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/17413 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/17413/3016 |
Daftar Isi:
- Abstract T The material of composition and invers function is one of the materials that require students’ active in the learning process to increase the students’ comprehension. The purpose of this research is to find out the influence of the implementation of BELMASIK learning method on the students’ achievement in composition and invers function. The research approach was quantitative using Pre-Experimental Design that was One-Group Pre-test-Post-test. 39 students of the-tenth grade of OTKP 1, OTKP 2, OTKP 3 at Vocational High School PGRI 2 Kediri was choosen as sample. Treatment was conducted three meetings. The results of this research showed that there was improvement on the students’ achievement in composition and invers function. It can be seen that the averages of the pre-test score was 57,5385 (SD ) become 72,0513 (SD ) with the Sig. (2-tailed) value was . It means that the BELMASIK learning method was affected the students’ achievement. This research proved that the BELMASIK method could be applied in teaching composition and invers function materials to increase students’ achievement.
- Abstrak Materi komposisi dan invers fungsi merupakan materi yang memerlukan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan guna meningkatkan pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran BELMASIK terhadap hasil belajar siswa pada materi komposisi dan invers fungsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif mengunakan Pre-Eksperimenal Design jenis One-Grup Pretest-Posttest.yang melibatkan 39 siswa kelas X OTKP 1, OTKP 2, OTKP 3 SMK PGRI 2 Kediri sebagai sampel. Tahap treatment dilakukan sebanyak tiga pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi komposisi dan invers fungsi yang dapat dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai pretest sebesar 57,5385 (SD ) menjadi 72,0513 (SD ) dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah . Dengan hasil Sig. (2-tailed) dapat diartikan bahwa metode pembelajaran BELMASIK berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa metode pembelajaran BELMASIK dapat diaplikasikan sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi komposisi dan invers fungsi.