Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dan Efek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA

Main Authors: Cahyaningrum, Marina Nur, Sakti, Norida Canda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2021
Subjects:
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/15804
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/15804/2056
Daftar Isi:
  • This research was carried out on the basis of the problem because of the little choice of learning media a teacher uses on economics subjects discussing complex APBN and APBD material. The purpose of this research is to determine the feasibility of the media, find out learners’ response, and learning outcomes of students after the implementation of android-based interactive learning media. This research adopts the 4D development model which only reaches the development stage. This research was conducted on 20 students of class XI social sciences in the 5th Senior High School Tuban by collecting data using interviews and questionnaires that were analyzed through quantitative and qualitative data analyzed. The result is interactive learning media based on android with the APK format APBN and APBD material. The validation result obtained proper conclusions consisting of material expert 100%, media expert 97,5%, evaluation expert 78,67%, media practicality expert 100%, and media effectiveness 100%. Students resulted in positive responses by 97% and can encourage learning outcomes with an average Gain Score 0,72 and completeness of classical posttest attain 95%. So, android based interactive learning media can improve student learning outcomes.
  • Penelitian ini dilaksanakan atas dasar permasalahan karena sedikitnya pilihan media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada bahasan materi yang kompleks. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan kelayakan media, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik sesudah difungsikannya media pembelajaran interaktif berbasis android. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan 4D yang hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Penelitian ini dilaksanakan pada 20 peserta didik kelas XI IPS di SMAN 5 Tuban dengan cara wawancara dan angket yang dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yaitu media pembelajaran interaktif berbasis android yang berformat APK pada materi APBN dan APBD. Hasil validasi memperoleh simpulan sangat layak yang terdiri dari ahli materi 100%, ahli media 97,5%, ahli evaluasi 78,67%, ahli kepraktisan media 100%, dan ahli efektivitas media 100%. Peserta didik memberikan respon positif dengan hasil 97% dan dapat mendorong meningkatnya hasil belajar yang tinggi dengan perolehan nilai rata-rata Gain Score 0,72 dan ketuntasan klasikal posttest mencapai 95%. Jadi, media pembelajaran interaktif berbasis android mampu meningkatkan hasil belajar.