SCAFFOLDING PADA PENYELESAIAN SOAL NON RUTIN TELESCOPIC

Main Authors: Mayangsari, Sizillia Noranda, Mahardhika, Liza Tridiana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Trunojoyo Madura , 2018
Online Access: https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3952
https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3952/2909
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian inimerupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses scaffolding yang diberikan untuk menyelesaikan soal non rutin materi telescopic. Materi telescopicadalah salah satu bentuk pengembangan dari materi barisan dan deret yangsering ada disoal Olimpiade Sains Nasional. Berdasarkan hasil penelitian,peserta didik dapat memahami masalah dan dapat merekonstruksi bentuk deret menjadibentuktelescopic. Scaffolding yang diberikan adalah pada level 2 yaituexplaining (menjelaskan), reviewing (meninjau ulang), dan restucturing (membangun ulang pemahaman). Pemberian scaffolding pada level tertentu didasarkan pada hasil selesaian soal non rutin yang sudah dikerjakan oleh subyek penelitianberguna untuk membantu peserta didik dalam mengurangi kesalahan rekontruksi yang dibuat.Scaffolding juga diharapkan membantu peserta didik mengelaborasi pengetahuan yang dimilikinya agar semakin berkembang.Kata Kunci: OSN,scaffolding, soal non rutin, telescopic.