SCAFFOLDING PADA PENYELESAIAN SOAL NON RUTIN TELESCOPIC
Main Authors: | Mayangsari, Sizillia Noranda, Mahardhika, Liza Tridiana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Trunojoyo Madura
, 2018
|
Online Access: |
https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3952 https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3952/2909 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian inimerupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses scaffolding yang diberikan untuk menyelesaikan soal non rutin materi telescopic. Materi telescopicadalah salah satu bentuk pengembangan dari materi barisan dan deret yangsering ada disoal Olimpiade Sains Nasional. Berdasarkan hasil penelitian,peserta didik dapat memahami masalah dan dapat merekonstruksi bentuk deret menjadibentuktelescopic. Scaffolding yang diberikan adalah pada level 2 yaituexplaining (menjelaskan), reviewing (meninjau ulang), dan restucturing (membangun ulang pemahaman). Pemberian scaffolding pada level tertentu didasarkan pada hasil selesaian soal non rutin yang sudah dikerjakan oleh subyek penelitianberguna untuk membantu peserta didik dalam mengurangi kesalahan rekontruksi yang dibuat.Scaffolding juga diharapkan membantu peserta didik mengelaborasi pengetahuan yang dimilikinya agar semakin berkembang.Kata Kunci: OSN,scaffolding, soal non rutin, telescopic.