Pengembangan Goalpro Education Game: Mobile Gamification Learning System (MGLS) untuk meningkatkan motivasi belajar model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction)

Main Author: Wijaya, Etistika Yuni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Trunojoyo Madura , 2022
Online Access: https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/13026
https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/13026/6770
Daftar Isi:
  • Salah satu bentuk profesionalitas seorang guru adalah menyediakan media pembelajaran bagi siswa. Kegiatan pembelajaran memerlukan media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dikembangkan oleh guru adalah game edukasi. Tujuan dari penelitian pengembangan adalah mengembangkan Goalpro Education Game dengan menggunakan Mobile Gamification Learning System (MGLS); dan mengetahui tingkat kelayakan Goalpro Education Game dengan menggunakan Mobile Gamification Learning System (MGLS). Pengembangan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran game edukasi Goalpro berbasis komputer menggunakan unity 3D pada pemahaman konsep algoritma untuk siswakelas X di SMK2 Bangkalan termasuk dalam kategori valid, karena setelah melalui uji kelompok besar terdapat presentase sebesar 90,7%.