PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Main Authors: Simbolon, Erin Radien, Tapilouw, Fransisca Sudargo
Other Authors: Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1533
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1533/1620
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar melalui pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual yang dilakukan di sekolah SMPN 2 Simanindo di Simarmata. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian The Matching Pretest-Posttest Control Group. Siswa kelas VII (n = 45) terlibat sebagai subjek penelitian yang diambil dengan teknik cluster random sampling dan penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan 15 butir soal pilihan ganda beralasan. Teknik pengolahan data melalui uji normalitas, uji homogenitas dan N-gain serta uji- t dua pihak dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 22 dan Microsoft excel. Hasil analisis data menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar melalui pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual, dengan nilai signifikansi 0.411 > 0.05, yang berarti diterima dan ditolak. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa yang belajar melalui pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai rata – rata N-gain 0.41, sedangkan siswa yang belajar melalui pembelajaran kontekstual memiliki nilai rata –rata N-gain 0.31. Sehingga berdasarkan data penelitian tersebut, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual dapat membantu meningkatkan berpikir kritis siswa