SCIENCE EDUCATORS ATTITUDES TOWARD THE NEW THEMATIC INTEGRATED CURRICULUM IN INDONESIA

Main Author: Ramli, Munasprianto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul , 2015
Subjects:
Online Access: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1102
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1102/979
Daftar Isi:
  • Mulai tahun ajaran 2013/2014 pemerintah repubik Indonesia melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengimplementasikan kurikulum baru yang bersifat tematik integratif. Perubahan kurikulum ini dilai sangat terburu-buru dan kurang perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendapat para pendidik sains di Indonesia terkait rencana implementasi kurikulum. Dari Interview dan Fokus Gtup diskusi peneliti menemukan bahwa para pendidik sains berharap pemerintah mau lebih mematangkan persipan kurikulum dan memperhatikan maslah mendasar lainnya seperti pelatihan kompetensi guru dan pendidik sains juga berharap mata pelajaran sains tidak dihilangkan di kurikulum sekolah dasar.