STUDI KOMPARASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA YANG MENJADI PENGURUS OSIS DAN SISWA YANG TIDAK MENJADI PENGURUS OSIS

Main Authors: Suryanti, Dewi; Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Mudjijanti, Fransisca; Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Katolik Widya Mandala Madiun , 2021
Online Access: http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/educatiovitae/article/view/941
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi siswa yang menjadi pengurus OSIS dan siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS. Sampel penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Wungu tahun ajaran 2019/2020 yang diambil 32 siswa yang menjadi pengurus OSIS dan 32 siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive. Instrument pengumpul data adalah skala keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis H1 yang berbunyi ada perbedaan keterampilan komunikasi siswa yang menjadi pengurus OSIS dan siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS diterima. Dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (4,315>1,669). Kata kunci: keterampilan komunikasi, pegurus OSIS, tidak menjadi pegurus OSIS