KUALITAS INTERAKSI SOSIAL REMAJA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSI DAN PEMAHAMAN DIRI

Main Authors: Rahayu, Dwi; Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Mudjijanti, Fransisca; Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Katolik Widya Mandala Madiun , 2021
Online Access: http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/educatiovitae/article/view/922
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kualitas interaksi sosial remaja yang ditinjau dari kecerdasan emosi dan pemahaman diri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X, XI, SMA Katolik St. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2018-2019 pada bulan Oktober 2018. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah Teknik Cluster Sampling.Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 109 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala, yaitu skala kualitas interaksi sosial, skala kecerdasan emosi dan skala pemahaman diri. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu : 1) hipotesis minor pertama berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap kualitas interaksi sosial remaja, 2) hipotesis minor kedua berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman diri terhadap kualitas interaksi soisal remaja dan 3) hipotesis mayor berbunyi : terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi dan pemahaman diri terhadap kualitas interaksi sosial remaja. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda. Model persamaan garis regresi Y = 55.595 + 0.197 (X1) + 0.011 (X2). Analisis korelasi memiliki keeratan lemah dengan R sebesar 0,386. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,149, hal ini berarti kecerdasan emosi dan pemahaman diri memiliki pengaruh sebesar 14,9% terhadap kualitas interaksi sosial remaja siswa kelas X, XI, SMA Katolik St. Bonaventura Madiun Tahun Ajaran 2018-2019. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap kualitas interaksi sosial remaja”, diterima, karena terbukti t hitung > t table = (4.300 > 1.659), 2). Terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman diri terhadap kualitas interaksi sosial remaja”, ditolak, karena terbukti t hitung > t table = (0.281 < 1.659) 3). Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosi dan pemahaman diri terhadap kualitas interaksi sosial remaja”, diterima. Karena terbukti F hitung > F tabel = (9.266 > 3.08). Kata kunci : kualitas interaksi sosia remaja, kecerdasan emosi, pemahaman diri.