PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA (話しæ–1) BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 SURABAYA TAHUN AJARAN 2010-2011

Main Author: -, Fitrotunnaja; Universitas Pesantren Tinggi Darul †̃Ulum Jombang
Other Authors: http://www.unipdu.ac.id
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Educate
Online Access: http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/educate/article/view/295
http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/educate/article/view/295/264
Daftar Isi:
  • Abstrak Kesulitan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya dalam melakukan percakapan bahasa Jepang membuat proses belajar mengajar menjadi tidak efektif dan tidak menyenangkan, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa juga kurang memuaskan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat ditarik simpulan bahwa perbedaan keterampilan berbicara bahasa Jepang dalam penelitian ini semata-mata disebabkan oleh pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI dan metode pembelajaran konvensional, dengan demikian metode pembelajaran kooperatif tipe TAI mempunyai pengaruh positif. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa di kelas kontrol. Berdasarkan koefisien korelasi yang sangat rendah simpulan penelitian tidak dapat digunakan untuk memprediksi atau menggeneralisasikan pada siswa kelas XI SMA Negeri Surabaya. Jadi metode pembelajaran kooperatif tipe TAI mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Surabaya tahun ajaran 2010/2011. Kata kunci : pembelajara kooperatif, TAI, hanashikata