Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Interferensi dan Difraksi Gelombang
Main Author: | Tanti, Tanti; Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Edu-Physics
, 2014
|
Online Access: |
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/eduphysics/article/view/401 http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/eduphysics/article/view/401/369 |
Daftar Isi:
- Rendahnya kualitas pembelajaran fisika dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi, sedangkan kualitas produk pembelajaran fisika salah satunya dapat dilihat dari perolehan nilai ujian akhir nasional fisika SMU yang dari tahun ke tahun masih berkategori rendah. Pengemasan pembelajaran tidak sejalan dengan hakikat orang mengajar menurut kaum kontruktivis. Salah satu kemasan pembelajaran berbasis kontruktivis yang memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri adalah model pembelajaran inkuiri. Penggunaan model pembelajaran inkuiri memberikan kebaikan-kebaikan antara lain meningkatkan potensi intelektual siswa, pengajaran menjadi lebih berpusat pada anak. Proses belajar inkuiri memberikan waktu pada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasi informasi.