Pendidikan Berwawasan Lingkungan dalam Pembelajaran Biologi

Main Author: Suraida, Suraida; Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: EDU-BIO , 2014
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/edubio/article/view/374
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/edubio/article/view/374/342
Daftar Isi:
  • Lingkungan bagi manusia merupakan salah satu unsur yang penting dalam kehidupannya. Sikap dan perilaku manusia akan menentukan baik buruknya kondisi suatu lingkungan. Hilangnya daya dukung lingkungan terhadap kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini bermakna pula punahnya kehidupan di jagat raya ini. Untuk menghindari hal tersebut kita harus memaksimalkan sarana yang dianggap paling efektif adalah dengan “Pendidikan Berwawasan Lingkungan”. Pendidikan berwawasan lingkungan ini tentunya secara tidak langsung sudah terdapat di dalam kurikulum atau materi di sekolah dasar salah satunya dalam pembelajaran bidang studi IPA khususnya Biologi. Namun, dalam pelaksanaannya masih dirasa kurang karena permasalahan bencana tidak semata-mata hanya karena proses alam saja. Juga, diakibatkan dari pengaruh akhlak dari anak-anak bangsa, oleh karena itu sangat diperlukan keterpaduan dalam pendidikan berwawasan lingkungan ini. Sehingga, pendidikan berwawasan lingkungan bisa diintegrasikan masuk juga dalam pelajaran yang lain di luar IPA. Pendidikan lingkungan sejak dini mutlak harus didapatkan oleh anak, agar anak memiliki wawasan lingkungan yang lebih luas hingga dewasa dan diharapkan dapat lebih peduli terhadap lingkungan di daerahnya dan tentunya siap menghadapi bencana akibat lingkungan. Oleh karena itu, pendidikan lingkungan merupakan pendidikan yang berlangsung seumur hidup yang tak mengenal batas ruang dan waktu.