Implementasi Layanan BK dalam Program Pendidikan Karakter di SDIT Adzkia 1 Padang

Main Authors: Zaturrahmi, Zaturrahmi, Mudjiran, Mudjiran, Neviyarni, Neviyarni, Nirwana, Herman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Kurikulum Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang , 2020
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/109059
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/109059/pdf
Daftar Isi:
  • Layanan Bimbingan dan Konseling merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD). Layanan Bimbingan dan Konseling di SDIT Adzkia 1 Padang, dilaksanakan dengan mengintegrasikan program yang dinamakan pendidikan karakter. Program pendidikan karakter ini mencakup 10 karakter yang dibentuk pada setiap siswa di SDIT Adzkia 1 Padang. Program ini terintegrasi pada seluruh mata pelajaran dan mencakup seluruh lini yang ada di sekolah. Dalam pelaksanaannya, pendidikan karakter diterapkan melalui 4 pendekatan, yaitu pendekatan keteladanan, pendekatan pembiasaan, pendekatan nasehat dan pendekatan reward and punishment. Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Program Pendidikan Karakter di SDIT Adzkia 1 telah terdifusi ke dalam proses pembelajaran dan terintegrasi juga dengan pendidikan karakter. Guru kelas telah berfungsi sebagai guru BK/konselor. Namun masih terdapat keterbatasan dalam penerapan layanan BK di SDIT Adzkia 1 Padang. Untuk layanan konseling kelompok serta bimbingan kelompok belum bisa terlaksana di SDIT Adzkia 1 Padang. Keywords: Layanan BK, Sekolah Dasar, Pendidikan Karakter