TEORI BELAJAR MENURUT ALIRAN PSIKOLOGI KOGNITIF SERTA IMPLIKASINYA DALAM PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Main Author: Ekawati, Mona
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Kurikulum Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/106979
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/106979/pdf
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/downloadSuppFile/106979/2466
Daftar Isi:
  • Teori yang melandasi pendidikan pendidikan pada dasarnya dapat dibagi dua yaitu teoriasosiasi yang berorientasi induktif artinya bangunan ilmu dalam pengembangan pendidikan didasarkan atas unuit-unit pengetahuan,sikap,dan keterampilan menjadi unit yang lebih universal ,aliran dalam teori ini adalah aliran behaviorisme atau lebih dikenal dengan aliran Stimulus- Respon (S-R) yaitu aliran yang beranggapan bahwa pendidikan diarahkan pada terciptanya perilaku-perilaku baru pada peserta didik melalui stimus respon yang diberikan selama proses pembelajaran berlangsung. Kemudian yang kedua adalah teori lapangan (Field Theory) yang justru berbeda dengan teori asosiasi, teori ini lebih mengarah pada deduktif artinya pengetahuan diperoleh dari suatu untuk menemukan kebenaran-kebenaran dari unit-unit yang ada dalam pembelajaran . teori ini memiliki dua aliran yaitu kognitvisme dan humanisme Kata kunci : teori belajar, aliran psikologi kognitif, implikasi