ANALISI POLA DISTRIBUSI AYAM BROILER PRODUKSI PT. TANJUNG MULYA PERKASA

Main Author: Qalbin, Ichwal Aulia
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: UPT TI Universitas Padjadjaran , 2014
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/3921
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 14 Januari sampai dengan 13 Februari 2014 di Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Kota Bandung dan Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan pola distribusi ayam broiler dan mengetahui marjin pemasaran dalam pola distribusi ayam broiler di wilayah penelitian. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Responden ditentukan secara purposive, jumlah keseluruhan responden sebanyak 20 orang yang terdiri atas 1 orang managerial PT. Tanjung Mulya Perkasa (PT. TMP), 2 orang pedagang besar, dan 17 orang pedagang pengecer. Model analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa (a) Distribusi ayam broiler hidup dari PT. TMP kepada konsumen akhir ayam broiler hidup yang berada di regional pasar pertama melibatkan pedagang pengecer yang membentuk pola distribusi tingkat satu, dan pada regional pasar kedua melibatkan pedagang besar dan pedagang pengecer yang membentuk pola distribusi tingkat dua (b) Pada pola distribusi tingkat satu rata-rata marjin pemasaran yang diperoleh oleh pedagang pengecer adalah Rp 2.109/kg. Pada pola distribusi tingkat dua besarnya marjin yang diperoleh oleh pedagang besar adalah Rp 3.443/kg dan pada tingkat pedagang pengecer marjin pemasaran yang diperoleh adalah Rp 4.200/kgKata Kunci : Pola Distribusi, Marjin Pemasaran, Ayam Broiler