IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PEMASARAN BERBASIS KARAKTER DI KELAS XII SMKN 10 CAWANG

Main Authors: Dharmawati, Desak Made, Sumarsid, -
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: L2Dikti Wilayah III , 2019
Online Access: http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/ekonomika/article/view/328
http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/ekonomika/article/view/328/315
Daftar Isi:
  • Character building believes the existence of absolute morale, i.e., comprehension about which one is proper and right. Character building instill habituation of the good practice so that student know about which is right or wrong (cognitive domain) and feel the good value. The objective of this research is understanding student's change in daily behaviour, including communication attitude or maturity, and identifying the local culture and the meaning of the values ​​of thei nation's character in the local community. Marketing learning processes that have the values ​​of national character. The research method uses descriptive qualitative model, the results of the data instrument interview results in the field, there is a change in character, it can be seen from the daily attitude of students to be honest, disciplined, responsible, caring, collaborative, tolerant, peaceful, polite, responsive and pro-active and showing attitude as part of the solution to various environmental problems.
  • Pendidikan karakter mempercayai adanya keberadaan moral absolut, yaitu pemahaman mengenai mana yang baik dan benar. Pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal yang baik sehingga peserta didik menjadi paham tentang mana yang baik dan salah (domain kognitif) serta mampu merasakan nilai yang baik. Tujuan penelitian adalah mengetahui perubahan sikap siswa/i dalam perlakuan sehari-hari, baik dalam sikap berkomunikasi maupun sikap kedewasaan, dan mengidentifikasi budaya lokal dan makna dari nilai-nilai karakter bangsa yang ada di masyarakat setempat dalam proses pembelajaran pemasaran. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara instrumen di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan karakter, terlihat dari kesehariannya sikap siswa/i bersikap jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan lingkungan.