PENGARUH POSITIONING, DIFERENSIASI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUKU MIMPI SEJUTA DOLAR DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Main Authors: Dwihapsari, Ester Ratih, Murni, Yanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: L2Dikti Wilayah III , 2017
Online Access: http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/ekonomika/article/view/269
http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/ekonomika/article/view/269/246
Daftar Isi:
  • Publishers book Gramedia Pustaka Utama is the largest book publisher in Indonesia are located in Jakarta, With the current information technology and supported by the rapid flow of information to force people to have the ability and knowledge to compensate. The purpose of this study was to determine 1). Whether there are significant positioning, differentiation, brand image and promotions directly on purchasing decisions, 2) whether there are significant positioning, differentiation and brand image on purchasing decisions with a promotion to intervening. Test this hypothesis using path analysis (path analysis) with a significant level of 5%. The population is customers who visited the Gramedia Bookstore Regional 1, using accidental sampling technique and approach the proportions in withdrawing a sample of 100 respondents and data collection was done by questionnaire. The results showed that: 1) Directly positioning, differentiation, brand image and promotion of significant positive effect on purchasing decisions 2). Through the promotion seen that positioning, differentiation and brand image did not significantly influence the purchasing decision. Means of quality books, inspirational, reasonable price and reputation of the issuer greatly influence consumers to buy the Million Dollar Dream book in Gramedia bookstore Region 1 while the promotion is done is not very effective.
  • Adanya arus teknologi informasi dan didukung oleh derasnya arus informasi memaksa orang untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas untuk mengimbanginya dengan cara membaca buku. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui 1) pengaruh positioning, diferensiasi, citra merek dan promosi secara langsung terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh positioning, diferensiasi dan citra merek terhadap keputusan pembelian dengan promosi sebagai intervening. Dalam penelitian ini digunakan metode survei. Populasinya adalah pelanggan yang berkunjung ke Toko Buku Gramedia Regional 1, menggunakan teknik accidental sampling dan pendekatan proporsi dalam penarikan sampel sebanyak 100 responden dan pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis pada tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara langsung positioning, diferensiasi, citra merek dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian 2). Melalui promosi terlihat bahwa positioning, diferensiasi dan citra merek tidak signifikan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Berarti buku yang berkualitas, inspiratif, harga yang terjangkau dan reputasi penerbit sangat mempengaruhi konsumen untuk membeli buku Mimpi Sejuta Dolar di toko buku Gramedia Regional 1 sedangkan promosi yang dilakukan tidak terlalu efektif.