PENGARUH LOKASI, KELENGKAPAN PRODUK, KUALITAS PRODUK, PELAYANAN, HARGA, DAN KENYAMANAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA LOTTE MART BEKASI JUNCTION

Main Author: Rosita, Rahmi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: L2Dikti Wilayah III , 2017
Online Access: http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/ekonomika/article/view/264
http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/ekonomika/article/view/264/239
Daftar Isi:
  • Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 240 juta lebih merupakan pasar potensial bagi bisnis ritel modern. Konsumen mempunyai banyak alternatif dalam memilih tempat untuk berbelanja. Oleh sebab itu pasar modern (ritel) harus memperhatikan berbagai faktor persepsi konsumen yang akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih tempat belanja yang menurut konsumen terbaik. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji pengaruh lokasi, kelengkapan produk, kualitas produk, pelayanan, harga, kenyamanan berbelanja. (2) mengetahui kontribusi faktor-faktor paling dominan dalam mempengaruhi minat beli ulang konsumen. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang diambil dengan purposive sampling dengan instrument kuesioner. Pengukuran dengan skala likert.  Teknik analisis diolah dengan menggunakan SPSS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif, menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel lokasi, kelengkapan produk, kualitas produk, pelayanan, dan kenyamanan belanja terhadap minat beli ulang konsumen, kecuali variabel pelayanan berpengaruh negatif terhadap minat beli ulang konsumen. (2) Variabel harga memiliki pengaruh yang paling dominan dari ke enam variabel penentu terhadap minat beli ulang konsumen.
  • Indonesia with a population of about 240 million more a potential market for modern retail business. Consumers have many alternatives in choosing where to shop. Therefore the modern market (retail) must consider a variety of factors that will influence the consumer's perception of consumer behavior in choosing the best shopping by consumers.The purpose of this experiment is (1). To test the effect of the location, range of products, product quality, service, price, convenience shopping. (2). This study also aims to determine the contribution of these factors is most dominant in influencing consumer buying interest re. The study involved 100 respondents taken by purposive sampling with questionnaires instrument. Measurements with Likert scale. The analysis technique processed using SPSS. This research is a quantitative and qualitative research, using multiple linear regression. The results showed that: (1). There is a significant relationship between the variables of location, range of products, product quality, service and shopping convenience to the buying interest re-consumers, except for the variable service negatively affect the buying interest re-consumers. (2) It was found that the price variable has the most dominant influence on all six variables decider against the consumer purchase interest.