ANALISIS KOEFISIEN DRAG PADA MOBIL HEMAT ENERGI "MESIN USU" DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK CFD

Main Authors: Siregar, Munawir Rosyadi, Ambarita, Himsar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: e-Dinamis , 2013
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/edinamis/article/view/3242
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/edinamis/article/view/3242/1573
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKonsep aerodinamika pada kendaraan menjadi sangat penting dalam usaha mendapatkankendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan koefisien drag (Cd) pada kendaraan hemat energi karya Tim Horas UniversitasSumatera Utara, Mesin USU, yang diperlombakan dalam beberapa event nasional maupuninternasional; membandingkannya dengan kendaraan konvensional jenis citycar danmemberikan perbaikan pada desain bentuk bodi untuk pengembangan berikutnya. Metodeanalisis aerodinamika yang digunakan adalah metode numerik dengan menggunakanperangkat lunak Computational Fluid Dynamics (CFD) Ansys Fluent. Analisis dilakukan padaaliran tiga dimensi (3D), steady, turbulen, isothermal dan incompressible. Kecepatan udaradivariasikan dari 10 hingga 20 m/s. Koefisien drag pada Mesin USU I dan Mesin USU II,masing-masing 0.295975 dan 0.3265162. Nilai ini cukup besar dibandingkan dengan nilaikoefisien drag pada citycar Ford Fiesta (0.2432045). Dengan perbaikan yang dilakukan padamodel Mesin USU II, koefisien drag dapat dikurangi sebesar 32,6% dan mengurangipenggunaan bahan bakar sebesar 28,8%.Kata kunci: Koefisien Drag, CFD, Ansys Fluent, Mesin USU, konsumsi bahan bakar