Kajian Awal Optimalisasi Disain Propeler Pesawat Tanpa Awak Untuk Mendapatkan Karakteristik Rendah Bising Berdasarkan Penurunan Noise Generation Mechanisme dengan Bantuan Simulasi Aliran Fluida

Main Authors: Masniarman, Masniarman, Isranuri, Ikhwansyah
Format: Article info eJournal
Terbitan: e-Dinamis , 2013
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/edinamis/article/view/2641
Daftar Isi:
  • AbstrakSalah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pesawat tanpa awak yang bertujuan untukmelakukan pengintaian adalah rendahnya tingkat kebisingan dari pesawat tersebut. Sumberutama dari kebisingan pesawat yang digerakkan oleh propeller terletak pada propeller itusendiri. Seiring dengan dilakukannya pengembangan terhadap pesawat tanpa awak (UAV)belakangan ini,dimana kajian tentang kebisingan yang dihasilkan oleh propeller belum pernahdilakukan,maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh disain propeller yangmemiliki tingkat kebisingan yang rendah. Mekanisme penyebab kebisingan (noise generationmechanisme) yang di analisa meliputi turbulensi dan presure field. Dimana karakteristikturbulensi di reduksi dengan penentuan profil airfoil sebagai geometri dasar pembentukpropeller sedangkan karakteristik Presure field direduksi dengan menetukan sudut puntir yangmenghasilkan tingkat tekanan suara terendah. Pengujian dilakukan dengan menggunakansimulasi aliran fluida (CFD) dengan parameter yang di teliti adalah energi tubulensi, coefisiengaya angkat (Cl) dan coefisien gaya hambat (Cd) untuk airfoil, sedangakan untuk pengujianputaran propeller , parameter yang diteliti adalah kecepatan dan tekanan dinamik yangdihasilkan. Dari penelitian dihasilkan bahwa dari tiga kandidat yang diteliti ternyata airfoil jenisClark-Y memiliki tingkat turbulensi yang paling rendah tetapi memiliki unjuk kerja airodinamikayang paling tinggi. Sedangkan pada pengujian propeller hasil desain, dengan kecepatan putar2500 rpm diketahui bahwa tingkat tekanan suara terendah dihasilkan oleh propeller dengansudut puntir