ANALISIS TEGANGAN PADA SAYAP HORIZONTAL BAGIAN EKOR AEROMODELLING TIPE GLIDER AKIBAT LAJU ALIRAN UDARA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BERBASIS COMPUTIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)
Main Authors: | Miraza, Ricky Surya, Isranuri, Ikhwansyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
e-Dinamis
, 2013
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/edinamis/article/view/1030 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/edinamis/article/view/1030/543 |
Daftar Isi:
- AbstrakKarakteristik aerodinamika merupakan suatu hal yang sangat penting dalam bidang ilmu aplikasiaerodinamika yang ditujukan untuk mendapatkan bentuk benda yang aerodinamis. Begitu jugadengan karakteristik pada sayap horisontal bagian ekor yang ditujukan untuk keseimbanganyang mengakibatkan hidung pesawat naik dan turun, juga keseimbangan akibat pengaruh lajualiran udara terhadap tegangan pada sayap ekor horisontal. Letak dari sayap horisontal bagianekor ini juga berpengaruh terhadap aliran fluida yang mengalir melaluinya. Jenis airfoil yangbiasanya digunakan pada sayap horisontal bagian ekor adalah airfoil Eppler 168 yang memilikikeunggulan dibandingkan dengan lembaran balsa datar. Dengan metode simulasimenggunakan software solidwork yang mempunyai keunggulan dibandingkan softwaresejenisnya. Tujuan dari analisa ini adalah untuk mengetahui nilai tegangan serta hasil grafikpada sayap horisontal bagian ekor tipe glider akibat laju aliran udara yang diberikan masingmasingkecepatana 50 km/jam, 55 km/jam, 60 km/jam, 65 km/jam dan 70 km/jam sesuai dengankeadaan sebenarnya dari pesawat aeromodelling tipe glider pada penelitian ini yang manakesimpulan yang diperolah semakin tinggi kecepatan pesawat aeromodelling maka teganganyang diterima sayap horisontal bagian ekor semakin besar terutama pada bagian leading edge.Kata Kunci: Aerodinamika, Sayap Horisontal Bagian Ekor, Kecepatan, Tekanan, Tegangan,Solidwork