PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KELAS IV B SD NEGERI TAHUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Main Author: | Fathonah, Fathonah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM UNY
, 2015
|
Online Access: |
https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2910 https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2910/2430 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaanpembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan STAD dapat meningkatkanmotivasi kelas IVB SD Negeri Tahunan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa IVBSD Negeri Tahunan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatanguru dan kegiatan siswa, serta angket motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkanbahwa motivasi kelas IVB memiliki kecenderungan meningkat. Skor motivasi padasiklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 88,33%. Melalui model pembelajarankooperatif tipe STAD, siswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secarakooperatif dan melaksanakan keterampilan kooperatif yang meliputi mengundanganggota kelompok lain untuk berbicara, menghargai pendapat orang lain, mengambilgiliran dan berbagi tugas, mendengarkan dengan aktif, bertanya, tidak berbeda dalamtugas dan memeriksa ketepatan hasil kelompok. Siswa merasa senang, semangatdan demokratis sehingga siswa aktif dalam belajar dan menyelesaikan tugas. Gurudiharapkan dapat melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yanginovatif, menyenangkan, dan bermakna pada semua mata pelajaran.Kata Kunci: Motivasi, Model Pembelajaran Kooperatif, STAD