Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Tanaman Brokoli (Brassica oleracea L) di Kelompok Tani Tranggulasi Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang

Main Authors: Megawati, Bella Yulia; Universitas Wahid Hasyim Semarang, Wahyuningsih, Sri; Universitas Wahid Hasyim Semarang, Istanto, Istanto; Universitas Wahid Hasyim Semarang, Subantoro, Renan; Universitas Wahid Hasyim Semarang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS , 2022
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/semnas/article/view/2104
http://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/semnas/article/view/2104/1410
Daftar Isi:
  • Brokoli merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia khususnya di Kabupaten Semarang yang merupakan salah satu tempat budidaya brokoli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pasca panen terhadap pemasaran, saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran yang ditinjau dari margin maupun farmer’s share. Metode dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah dekriptif analisis. Pengambilan sampel lokasi dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode pengambilan sampel responden menggunakan metode snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian pasca panen sangat berpengaruh terhadap proses pemasaran, dimana penanganan yang benar dapat menjaga kualitas dan kuantitas brokoli yang nantinya berpengaruh pada harga jual dan dapat masuk pada pasar modern dengan baik. Saluran pemasaran yang terdapat pada Kelompok Tani Tranggulasi memiliki dua saluran pemasaran yaitu saluran tingkat I dan saluran tingkat II. Efisiensi pemasaran saluran tingkat I sebesar 10.67%, farmer’s share 59.78% dan total margin pemasaran Rp. 23,550/kg. Selanjutnya efisiensi saluran tingkat II sebesar 10.77%, farmer’s share 54.60% dan total margin Rp.24,950/kg. Dapat dikatakan saluran pemasaran yang ada di Kelompok Tani Tranggulasi Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang sudah efisien.