Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting (Capsicum Annum L.) dan Cabai Rawit (Capsicum Frustescens L.) di Kelompok Tani Tranggulasi Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang

Main Authors: Amir, Jamal Faisal; Universitas Wahid Hasyim Semarang, Awami, Shofia Nur; Universitas Wahid Hasyim Semarang, Widiyani, Aniya; Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang, Subantoro, Renan; Universitas Wahid Hasyim Semarang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS , 2022
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/semnas/article/view/2082
http://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/semnas/article/view/2082/1414
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran dan bagian yang diterima petani (farmer’s share) dan perbedaan tingkat efisiensi pemasaran Cabai Merah Keriting (Capsicum annum L.) dan Cabai Rawit (Capsicum frustescens L.). Analisis data yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran dan farmer’s share serta efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran cabai merah keriting (capsicum annum L.) dan cabai rawit (capsicum frustescens L). Nilai margin pemasaran cabai merah keriting saluran pemasaran tingkat I, di tingkat pedagang pengecer Rp. 2.500,-/Kg dan nilai farmer’s share 90,38%. Saluran pemasaran tingkat IIA, margin di tingkat pedagang besar Rp. 1.000,-/Kg dan di tingkat pedagang pengecer Rp. 3.500,-/Kg dan nilai farmer’s share 84,26%. Saluran pemasaran tingkat IIB di pasar modern, margin di tingkat pedagang besar Rp. 15.250,-/Kg, nilai margin pedagang pengecer Rp. 11.675,-/Kg, dan nilai farmer’s share 50,98%. Nilai margin pemasaran dan farmer’s share cabai rawit pada saluran pemasaran tingkat I di tingkat pedagang pengecer Rp. 3.000,-/Kg dan nilai farmer’s share 89,66%. Saluran pemasaran tingkat IIA di pasar tradisional margin di tingkat pedagang besar Rp. 1.500,-/Kg dan nilai margin di tingkat pedagang pengecer Rp. 4.000,-/Kg dan nilai farmer’s share pada saluran tingkat IIA di pasar tradisional 81,67%. Saluran pemasaran tingkat IIB di pasar modern margin di tingkat pedagang perantara I Rp. 16.250,-/Kg, nilai margin pedagang pengecer Rp. 11.000,-/Kg, dan nilai farmer’s share 52,40%. Efisiensi pemasaran cabai merah keriting dan cabai rawit pada ke tiga saluran sudah menunjukkan nilai yang kecil (<50)% yaitu sebesar 3,98% untuk cabai merah keriting dan 4,24 % untuk cabai rawit.