SEMIOTIKA UNTUK ANALISIS GENDER PADA IKLAN TELEVISI

Main Authors: Kusumastutie, Naomi Srie, MA, Faturochman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Psychology Universitas Gadjah Mada , 2015
Online Access: http://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7473
http://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7473/5812
Daftar Isi:
  • Salah satu persoalan gender yang justru mengekalkan ketimpangan gender adalah tayangan iklan di televisi. Iklan sebagai cara untuk memasarkan produk pada satu sisi berusaha ‘tampil beda’ agar menarik tetapi pada sisi lain mengekalkan stereotip danketimpangan gender. Bila usaha tampil menarik dari iklan terbukti dan diakui, iklan yang bias gender pada umumnya tidak disadari dan disangkal. Banyak cara untuk memahami persoalan gender yang terus berkembang akhir akhir ini. Kunci untuk ini adalah berpikir kritis. Semiotika pada dasarnya adalah cara untuk meilhat dengan detil dan kritis terhadap sesuatu yang tersurat. Dengan kesadaran gender, semiotika dapat menjadi salah satu metode untuk mengungkap persoalan ketimpangan gender yang terdapat pada sebagian besar tayangan iklan.