Peningkatan Kemampuan Menggambar Anak Melalui Permainan Jari-Jari Kreatif pada Kelompok B di TK Al-Ikhlas Lamlhom

Main Author: Erlita, Nani; STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Buah Hati , 2014
Online Access: http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/buahhati/article/view/96
http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/buahhati/article/view/96/91
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berkaitan dengan problem yang dialami guru dan perlu mencari pendekatan atau metode pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah dengan menggunakan permainan jari-jari kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan kemampuan menggambar anak melalui permainan jari-jari kreatif dan bagaimana respon anak terhadap permainan jari-jari kreatif untuk meningkatkan kemampuan menggambar di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini seluruh anak TK Al-Ikhlas Lamlhom yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 orang siswi dan 8 orang siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Lembar observasi anak Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa, cara penggunaan permainan jari-jari kreatif dalam pembelajaran menggambar bagi anak Kelompok TK Al-Ikhlas Lamlhom yaitu anak diperintahkan membuat gambar dengan menggunakan jari tangan, kemudian guru menilai sejauh mana kemampuan anak dapat menggambar dan menempelkan gambar yang diperintahkan oleh penulis yang melakukan penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil terjadi peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I berkembang sesuai harapan (BSH) 50,6 %, berkembang sangat baik (BSB) 5 %, dan pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu berkembang sesuai harapan (BSH) menjadi 41% dan berkembang sangat baik (BSB) menjadi 59%. Kata kunci: Kemampuan menggambar anak; permainan jari-jari kreatif.